PENDAHULUAN

PLC (Programmable Logic Controller) merupakan salah satu perangkat keras pengontrol yang keberadaannya di industri sangat vital. Penggunaan PLC di industri mampu menaikkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya produksi, menghasilkan kualitas produk yang konsisten dan masih banyak yang lainnya. Pengoperasian PLC membutuhkan program yang biasanya dituliskan dalam ladder logic program. Agar didapatkan program yang bekerja dengan benar, sangat dibutuhkan SDM yang terampil dan teliti agar PLC dapat melakukan fungsi dan pekerjaan pengontrolan mesin serta proses yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
Lomba Pemrograman Ladder (Programmable Logic Controller) PLC 2008 merupakan salah satu rangkaian acara Lomba Mahasiswa Tingkat Nasional yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB). Lomba ini berskala nasional dan memiliki visi sebagai salah satu media bertemunya mahasiswa dalam hal pemrograman Ladder PLC. Lomba Pemrograman Ladder PLC 2008 ini merupakan media yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur penguasaan teknologi PLC yang merupakan salah satu teknologi yang penting dalam dunia industri.
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun ini berpartisipasi dalam even tersebut dan merupakan keikutsertaannya yang kedua kali. Keikutsertaan pada tahun ini ditandai dengan mendelegasikan sepuluh tim, dengan data tim terlampir, untuk mengikuti lomba tersebut pada tanggal 26-27 Agustus 2008 di Institut Teknologi Bandung (ITB).
Sebagai utusan yang berasal dari Kawasan Indonesia Timur, kami merasa terpacu untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dimana melalui ajang Lomba tersebut kami berharap dapat membawa nama baik Perguruan Tinggi Universitas Hasanuddin dan Daerah Sulawesi Selatan.